V60nya J.CO? enak sih, tapi....

Manual Brew V60 ala J.Co Donuts. 

Setelah berselancar di Instagram, Piri menemukan sesuatu yang unik di akun @jcoindonesia (Akun Instagram Official J.Co Donuts Indonesia). Mereka menawarkan menu baru (mungkin lama? Piri baru liat). Menu baru ini masuk ke lini kopi-kopian. J.co menjual kopi dengan teknik manual brew V60.

Wow!

J.co Indonesia V60 coffee
Piri sempat takjub melihat postingan ini. Pasalnya, jarang ada coffee shop bahkan counter donat yang menjual kopi dengan teknik manual. Terlebih selevel J.co. Which is great! akhirnya para pencinta kopi bisa menikmati kopi manual kualitas premium di dalam Mall. coffee shop di Mall kebanyakan menjual kopi yang diseduh dengan mesin. J.co memberi angin segar dengan apa yang mereka tawarkan.

Oke kita bahas satu persatu.

Pertama, untuk manual brew, mereka hanya menyediakan teknik V60. yup, cuma satu. Piri berharap ke depannya mereka menyediakan teknik yang lebih beragam seperti syphon, aeropress, dan lain-lain. Ini akan menjadi nilai lebih untuk sebuah counter donat.

Baca Juga: Sliming Coffee. Bikin Kurus?

Pilihan kopinya masih terbatas. Mereka hanya menyediakan dua jenis kopi yang mereka giling sendiri. Garuda Blend dan Colombia Blend. Untuk V60, kita bisa memilih cup yang panas dan dingin. Agak aneh sih V60 dikasi es. V60 adalah teknik penyeduhan dengan air panas, jika dikasi es, esnya bakalan meleleh. Es yang mencair tersebut bakal menggenang di kopinya, menurut Piri ini bakalan mengganggu. Tapi Piri penasaran dengan V60 es versi Jco. Akhirnya Piri memesan yang ini.


Piri memesan V60 es. Setiap pembelian kopi di Jco, kita akan mendapatkan sebuah donat plain gratis. Mayan lah ya. hihi. Donat plain juga termasuk jika kita memesan kopi V60 di sini.

Entah bagaimana cara mereka menyeduhnya, Piri nggak mendapati gangguan dari es yang mencair dari kopi ini. Rasanya tetap pas dan masuk-masuk aja.

Biji kopi yang Piri pilih pas mesen adalah Colombia Blend. Biji kopi ini juga bisa kamu beli dengan harga Rp.100.000,- per 250 gramnya. Jco juga menyediakan grinder kecil dengan harga Rp. 170.000,-an dan sebuah frenchpress / plungger dengan harga sekitar Rp. 145.000,-an buat kamu yang pengin nyeduh di rumah.

Kita masuk ke bagian terpenting, rasa dari kopi V60 mereka.

Hasil seduhan yang mereka sajikan berbadan ringan, wangi khas kopi amerika latin, dan rasa yang cenderung segar (mungkin pengaruh es kali, ya). Aftertaste yang Piri dapet lumayan panjang dan sedikit "sengak". Semacam pait-pait gimana gitu. Rasa buahnya tipis.

Worth it kah kopi ini?

Jawabannya tergantung, apa yang kamu cari. Rasa kopi atau suasana?

Menurut Piri, V60-nya J.co pas banget buat kamu yang pengin minum kopi manual di Mall, mengingat jarang bahkan nggak ada yang jual kopi manual di Mall. Kalau ada, tolong tinggalin di komentar, yak! Piri jarang nemu soalnya. Rasanya juga terukur karena yang nyeduh barista profesional

Nah buat kamu yang terbiasa minum kopi manual di coffee lab, cafe spesialis kopi single origin, dan tempat-tempat lain yang punya signature coffee. Piri rasa kamu akan banyak mengeluh dan menemukan banyak kekurangan. Salah duanya adalah sedikitnya pilihan jenis biji kopi dan harganya.

Yap, harganya mayan terasa pait di kantong. V60 ala Jco dibandrol dengan harga Rp.33.000,- an percangkirnya. harganya nyaris 50% lebih mahal dari kopi seduh mesin yang mereka jual. Di J.co harga black coffee macem americano di jual dengan harga Rp.20.000,-an aja. Harusnya sih harganya lebih murah dari mesin, yak, mengingat ongkos bikin kopi pakai mesin lebih mahal dari pada manual. Jika dibanding dengan kopi manual di coffee lab, cafe spesialis kopi single origin, dan tempat-tempat lain yang punya signature coffee, sih. Mayan mahal.

Overall, kopi V60-nya J.Co itu enak. Cuman buat penikmat kopi dengan dompet tipis kayak Piri kayaknya nggak bisa menikmati kopi ini setiap saat. Terlebih dari pilihan biji kopinya yang masih minim. Piri rasa penikmat kopi manual nggak terlalu exited untuk ngopi berulang di sini. Kalo kopi mesin masih oke. Favorit Piri adalah jcoccino

Saran Piri, sih. cobain yak. Dan J.co.. please.. murahin dong.  hehe.

-----

Kepoin Jco Malang

Alamat/Lokasi J.co Malang
Malang City Point, Lt. LG, Jalan Terusan Dieng No. 31-32, Sukun, Pisang Candi, Sukun, Kota Malang, Jawa Timur 65146

Harga V60 manual brew (Artistan Coffee)
Rp. 33.000,-


Previous
Next Post »
0 Komentar